Rabu, 24 Juli 2013

Download & Cara Install Ulang atau Upgrade OS BlackBerry Terbaru

Install ulang atau memperbaharui OS BlackBerry biasa dilakukan pengguna BlackBerry untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada pada BlackBerry. Berbagai permasalahan seperti BlackBerry lemot atau loading lama, BlackBerry hang atau blank, error JVM Error 545 503, atau BlackBerry yang mati total. Salah satu cara mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan upgrade OS BlackBerry. OS BB yang bisa anda install ke BlackBerry terbagi menjadi beberapa jenis. Anda bisa menerapkan OS beta dan OS full atau yang sudah resmi di rilis oleh RIM.

Download dan Cara Install Ulang atau Upgrade OS BlackBerry Terbaru
BlackBerry 7 OS (c) blackberry.com
Cara upgrade atau install OS BlackBerry bisa anda lakukan sendiri tanpa harus membawa BlackBerry kesayangan anda ke tempat servis HP atau gerai BlackBerry. Beberapa software keperluan untuk install ulang BlackBerry bisa dengan mudah anda dapatkan dengan download di internet. Tools software untuk install ulang BlackBerry yang harus anda pakai dalam tutorial ini adalah BlackBerry Desktop Manager dan OS resmi dari model atau jenis OS BlackBerry. Berikut panduan lengkap untuk upgrade OS BlackBerry yang bisa langsung anda praktikan.

Tools for Upgrade BlackBerry OS

  1. Ponsel BlackBerry yang akan di upgarde.
  2. Koneksi internet untuk download software.
  3. Komputer PC atau laptop dengan operating system Windows.
  4. Kabel data USB original BlackBerry.
  5. Software BlackBerry Desktop Manager. Bila belum punya download disini. Klik disini.
  6. OS BlackBerry. Pilih OS terbaru  sesuai jenis BlackBerry anda. Klik disini.

Cara Upgrade BlackBerry

  1. Install Desktop Manager (DM) di perangkat komputer PC atau laptop.
  2. Insall OS yang akan digunakan untuk UpGrade (biasanya sistem akan melakukan auto detect untuk versi OS anda). Jika download file OS tidak sesuai carrier, maka dari windows explorer lakukan search (including system and hidden files) file dengan nama ‘vendor.xml’ setelah ketemu hapus aja file tersebut (kalo pake WindowsVista, bisa dicari di : C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader). Kalo filenya sesuai carrier, biarkan saja
  3. Installation Wizard akan muncul,
    —– klik ‘Next’
    —– pilih negara anda, ‘Accept the terms of service’
    —– klik ‘Next’ lagi.
  4. Setelah proses instal selesai di PC, anda akan diminta untuk memulai Blackberry Desktop Manager. Centang pilihan ini lalu klik ‘Finish’. Secara otomatis Desktop Manager akan terbuka, silahkan hubungkan ponsel BlackBerry anda ke PC atau laptop melalui kabel data USB. Seandainya setelah beberapa menit BlackBerry Dekstop Manager tidak terbuka, berarti anda harus menjalankannya secara manual.
  5. Hubungkan BlackBerry ke komputer atau laptop via kabel data USB.
  6. Buka BlackBerry Dekstop Manager. Kalau ada permintaan upgrade OS BlackBerry di cancel dulu.
  7. Lakukan Backup data dulu supaya kalau ada masalah data bisa dikembalikan. Caranya, Run the BlackBerry Dekstop Manager –> Select Backup/Restore –> Backup –> Select dimana anda akan menyimpan file backup anda.
  8. Setelah Selesai backup data, masuk ke application loader.
    Kalau ada permintaan masukkan password BlackBerry, masukkan paswordnya (kalau tidak ada paswordnya, klik ok).
  9. Pilih add/remove application.
    Kalau normal akan muncul semua file program yang akan diinstall. Silahkan dipilih language dan program/aplikasi bawaan OS apa saja yg mau diinstall di Blackberry. Ikuti instruksi di Desktop Manager (DM) tersebut, dan tunggu sampe selesai prosesnya.
  10. Selesai Upgrade OS Blackberry, cabut kabel data, restart lagi BlackBerry anda, tutup BlackBerry Dekstop Manager.
  11. Uninstall file OS dari PC/laptop (optional).
Bila yang masih awam, lakukan dengan hati-hati langkah upgrade OS BlackBerry diatas. Bila menemukan fatal error atau gagal, silahkan wipe Blackberry dan re-install lagi OS nya. Dalam tutorial ini, kami tidak bisa menjamin dan bertanggung jawab atas berhasil atau tidaknya proses install OS BlackBerry. Semua tergantung pada cara dan kondisi pada masing-masing BlackBerry.

0 komentar:

Poskan Komentar